Portal web adalah situs web
yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba
menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih
spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses
menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.
Portal Web mulai populer pada akhir tahun 1990. Setelah perkembangan perambah web (web browser) pada pertengahan tahun 1990, banyak perusahaan mencoba membangun portal untuk mendapatkan perolehan pasar mereka melalui Internet.
Portal web mendapat perhatian khusus karena bagi banyak pengguna,
portal web merupakan halaman awal yang dibuka oleh perambah web mereka.
Netscape Netcenter telah menjadi bagian dari America Online, Walt Disney meluncurkan Go.com, dan Excite telah menjadi bagian dari AT&T di akhir 1990-an.
Banyak portal yang mengawali keberadaan mereka baik sebagai penyedia direktori Internet maupun fasilitas mesin pencari (Excite, Lycos, AltaVista, infoseek, dan Hotbot
adalah beberapa layanan yang tertua dari yang ada). Ekspansi cakupan
layanan dilakukan sebagai strategi untuk mengamankan basis pengguna dan
memperpanjang masa kunjungan pengguna pada suatu portal. Layanan yang
membutuhkan pendaftaran seperti email gratis, fitur tertentu, dan chatroom dianggap mampu mendorong kunjungan yang berulang pada suatu portal. Game, chat, email, berita, dan layanan lain juga bertujuan agar pengunjung tinggal lebih lama, di mana hal tersebut akan menambah penghasilan iklan.
Sejalan dengan perkembangan dan kesuksesan portal web internasional
seperti Yahoo!, portal daerah juga bermunculan. Beberapa portal daerah
memiliki kandungan lokal seperti ramalan cuaca,
peta jalan dan informasi bisnis lokal. Ekspansi menyolok lainnya pada
beberapa tahun terakhir adalah perpindahan ke pasar yang tadinya tak
terpikirkan seperti RRC. Portal web dengan "kandungan lokal - jangkauan global" bermunculan di negara-negara seperti India (Rediff) dan RRC (Sina). Portal-portal semacam ini mampu menjangkau komunitasnya yang tersebar di seluruh dunia.
Pada akhir meledaknya bisnis dot-com pada tahun 1990-an, banyak
pemerintah yang berkomitmen membuat situs portal sebagai layanan
informasi bagi warganegara mereka. Di Amerika Serikat, portal utamanya adalah FirsGov.gov, di Inggris
portal utama layanan informasi bagi warganegara adalah directgov dan
busineslink.gov.uk untuk layanan informasi bisnis. Beberapa penelitian
yang bersifat internasional dilakukan untuk mengukur kemampuan
transaksional portal-portal ini, yang paling menyolok adalah penelitian
yang diselenggarakan oleh Accenture.
Banyak negara bagian di Amerika memiliki portal mereka masing-masing yang menyediakan akses langsung ke aplikasi eCommerce (contohnya Hawaii Business Express dan myIndianaLicense),
situs-web kantor perwakilan dan departemen, dan informasi lebih
spesifik tentang tempat tinggal, kegiatan bisnis, serta tempat-tempat
kunjungan yang menarik.
Kebanyakan negara bagian tersebut di atas menugaskan suatu perusahaan
untuk mengelola portal mereka. Salah satu perusahaan yang paling sukses
saat ini adalah NICUSA yang mengelola 18 portal negara bagian. NICUSA
memfokuskan pada model pendanaan mandiri dan tidak memungut biaya kepada
negara atas pengelolaan, melainkan lebih ditopang dari pembayaran
aplikasi yang dijual oleh perusahaan tersebut.
Pada awal tahun 2000-an, terjadi pergeseran fokus yang sebelumnya
mengarah pada industri portal web menjadi mengarah pada portal intranet
korporasi atau "web perusahaan". Ketika mengharapkan jutaan pengguna
yang tidak berafiliasi untuk kembali pada suatu portal web publik telah
memberikan kesuksesan finansial yang bernilai, sehingga penggunaan
portal web pribadi untuk menyatukan komunikasi web dan pemikiran dalam
suatu perusahaan besar mulai dilihat oleh kebanyakan orang sebagai
teknologi yang mampu menghemat biaya dan tenaga kerja. Banyak badan
analisis telah memprediksi bahwa pembelanjaan perusahaan untuk portal
web intranet akan menjadi salah satu dari 5 bidang yang memiliki prospek
pertumbuhan paling pesat pada sektor teknologi internet dalam dekade
pertama abad ke-21.
Ketika disebut sebagai Portal Komunitas, sebuah situs-web biasanya
sengaja didesain dan dibangun berdasarkan pertimbangan pada selera
(kolektif) suatu komunitas. Oleh sebab itu fasilitas-fasilitas yang
disediakan pada Portal Komunitas cenderung berupaya memenuhi kebutuhan
komunitas tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar